Home » , » Biosfer

Biosfer

Written By Abdi Negara on Minggu, 16 Juli 2017 | 23.38

Materi pelajaran kelas XI pada semester ganjil adalah Biosfer. Biosfer secara istilah merupakan sebuah sistem kehidupan yang terbuka dan berkembang sejak dimulainya sejarah Bumi. Fenomena yang dipelajari dalam Biosfer berupa sistem kehidupan  diantaranya mempelajari hubungan antara flora, fauna dan manusia. Adanya flora dan fauna pada setiap daerah berbeda-beda dan memiliki ciri khas tersendiri.

Persebaran flora dan fauna di dunia ini dipengaruhi oleh faktor :

 
  1. Iklim yaitu faktor pendukung kehidupan flora dan fauna tertentu.
  2. Kondisi fisik muka Bumi yaitu faktor penghambat dan faktor penghubung dalam persebaran flora dan fauna ( Pegunungan yang tinggi dapat menghambat, lautan dapat menjadi perantara pemindahan ).
  3. Adaptasi yaitu penyesuaian diri makhluk hidup pada kondisi lingkungan tertentu.
  4. Seleksi alam yaitu faktor yang mempengaruhi kemampuan hidup flora dan fauna dari keberadaan predator dan perubahan lingkungan.
  5. Makanan , faktor ketersediaan makanan mempengaruhi keberadaan beberapa jenis fauna.
1. KEANEKARAGAMAN FLORA
Biosfer tersusun atas beberapa jenjang kehidupan yaitu individu, populasi, komunitas, ekosistem dan bioma. Persebaran flora dan fauna dapat dilihat dari berbagai bioma. Bioma adalah suatu kawasan geografis tertentu yang dipengaruhi oleh iklim dan tempat berkembang biak flora tertentu. Jenis-jenis bioma di dunia adalah :
  • Hutan Hujan 
Hutan Hujan adalah hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Hutan ini tersebar didaerah iklim tropis dan iklim sedang. Hutan Hujan dibedakan menjadi 2 yakni : Hutan Hujan Tropis ( di Asia,Afrika dan Amerika Selatan ) dan Hutan Hujan Iklim Sedang ( di Alaska, Kanada , Asia Utara dan Eropa ).
  • Hutan Peluruh
Tersebar didaerah iklim sedang yang memiliki 4 musim ( Eropa Barat, Eropa Tengah ,Asia Timur dan Timur Laut Amerika ). Ciri khas Hutan Peluruh adalah musim gugur daunnya luruh berguguran. 
  • Padang Rumput
Terdapat didaerah iklim tropis ( padang rumput tropis ) dan iklim sedang seperti di Amerika Serikat, Afrika bagian utara dan sebagian Australia.  Lahan tersebut didominasi tumbuhan rumput dan semak belukar. 
  • Gurun
Terdapat pada wilayah yang sangat panas dan gersang seperti Benua Afrika, Benua Asia bagian Barat dan Asia bagian Selatan. Flora yang beradaptasi adalah kurma, kaktus dan alang-alang. 
  • Tundra
Terdapat dikawasan beriklim dingin ( seperti Arktik, Antartika, Amerika bagian utara dan Eropa bagian utara ) ini merupakan bioma yang hanya ditumbuhi rumput dan lumut .
  • Taiga
Merupakan bioma yang didominasi oleh tumbuhan berdaun jarum. Terdapat dibelahan bumi utara seperti Rusia bagian utara, Siberia dan Kanada.
  • Samudra
Merupakan perairan yang terluas dimuka Bumi. Aneka ragam flora dan fauna tersebar mulai dari jenis alga dan terumbu karang.


2. KEANEKARAGAMAN FAUNA
Secara biogeografis persebaran fauna di dunia dikelompokan sebagai berikut,

  • Kawasan Paleartik ( di dominasi fauna herbivora seperti panda, moles, kijang, sapi, kambing, robin dan magpies )
  • Kawasan Nearktik ( di dominasi  hewan karnivora dan hewan pengerat seperti anjing, kelinci, tupai dan tikus berkantong )
  • Kawasan Ethiopian ( fauna khas ini adalah zebra, kuda nil, singa, badak, jerapah dan jenis burung )
  • Kawasan Oriental ( didominasi jenis babon dan orang utan )
  • Kawasan Australis ( ciri khasfauna dikawasan ini mamalia berkantong dan jenis burung warna warni, fauna : kangguru, mamalia bertelur dan burung emu )
3. Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Flora di Indonesia tersebar berdasarkan iklim pada tiap-tiap wilayah di Indonesia. Sedangkan fauna tersebar berdasarkan kondisi sejarah geologis Indonesia.
a. Persebaran Flora di Indonesia 

  • Hutan Hujan Tropis. Terdapat di Sumatera , Kalimantan dan Jawa bagian barat. Berciri : curah hujan tinggi, pepohonan berukuran besar dan hijau sepanjang tahun dan pada pepohonan terdapat tudung atau kanopi. Flora ini dimanfaatkan sebagai bahan baku industri seperti mebel dan kayu lapis.
  • Hutan Musim. Terdiri atas hutan musim dan hutan gugur. Tersebar di Jawa, Sumbawa, Nusa Tenggara , Sulawesi dan Papua. Jenis flora ini : pohon sengon, jambu dan pakis.
  • Sabana. Persebarannya terdapat di Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan. Tumbuhan yang hidup dikwasan ini adalah akasia dan ampupu. Sabana dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan pertenakan.
b. Persebaran Fauna di Indonesia


  • Fauna Asiatis. Ciri fauna : mamalia berukuran besar, banyak jenis ikan air tawar, kera dan hewan berkantong.
  • Fanua Peralihan. Contoh : babi rusa, anoa, kuskus dan biawak.
  • Fauna Australis. Contoh : kangguru, kasuari, kuskus, cenderawasih dan amfibi. 
Sumber : Detik Detik Ujian Nasional Geografi 2016/2017
Contoh Soal :
Karakteristik bioma sebagai berikut .
    1). Tumbuhan yang hiduo tahan dengan iklim dingin
    2). Tumbuhan hanya berupa rumput dan lumut.
    3). Terdapat di Rusia bagian utara, Siberia dan Kanada
    4). Dijumpai  di sekitar Arktik dan Antartika
    5). Sebagian besar tumbuhan berdaun jarum.
    Karakteristik bioma taiga ditunjukan oleh nomor ...
    A. 1), 2) dan 3)
    B. 1), 2) dan 4)
    C. 1), 3) dan 5)
    D. 2), 4) dan 5)
    E. 3), 4) dan 5)
    Jawaban : C
Bioma taiga merupakan bioma yang didominasi oleh tumbuhan berdaun jarum seperti spruce, alder, birch dan juniper. Tumbuhan yang hidup dapat beradaptasi dengan iklim dingin seperti di belahan Bumi utara : Rusia bagian utara, Siberia dan Kanada. Karakter yang tepat adalah 1),3) dan 5). Sedangkan 2) dan 4) adalah karakter bioma tundra.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !