Home » , » Teori Pasang Surut

Teori Pasang Surut

Written By M. Yusuf on Minggu, 13 Januari 2013 | 10.04


Teori Pasang Surut pertama kali disampaikan oleh Buffon. Buffon menyatakan bahwa tata surya berasal dari materi Matahari yang terlempar akibat bertumbukan dengan sebuah komet.

Teori pasang surut yang disampaikan Buffon kemudian diperbaiki oleh Sir James Jeans dan Harold Jeffreys. Mereka berpendapat bahwa tata surya terbentuk oleh efek pasang gas-gas Matahari akibat gaya gravitasi bintang besar yang melintasi Matahari.Gas-gas tersebut terlepas dan kemudian mengelilingi Matahari.Gas-gas panas tersebut kemudian berubah menjadi bola-bola cair dan secara berlahan mendingin serta membentuk lapisan keras menjadi planet-planet dan satelit.

Teori yang dicetuskan oleh dua orang yang berasal dari Inggris yaitu Sir James Jeans pada tahun 1877-1946 dan Harold Jeffreys pada tahun 1891, menjelaskan bahwa planet – planet yang ada di Tata Surya ini terbentuk karena bintang besar lain yang mendekat ke arah matahari.

Planet dan benda angkasa yang ada di udara terbentuk karena mendekatnya bintang lain kepada matahari. Keadaan ini menyebabkan terjadinya gaya tarik pada kedua benda tersebut. Akibatnya, sejumlah besar materi dari bintang dan tertarik keluar karena gaya pasang surut.

Setelah bintang besar yang mendekati matahari mulai menjauh, gaya tarik bintang tersebut menjadi melemah sehingga terjadi proses pasang surut pada matahari. Sebagian massa matahari yang tertinggal di angkasa membentuk cerutu terputus-putus dan membentuk gumpalan gas di sekitar matahari dengan ukuran yang beraneka ragam. Setelah sekian lama, gumpalan itu menjadi beku sehingga membentuk planet – planet dan benda langit lainnya.



Teori ini juga menjelaskan mengapa planet-planet seperti Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus merupakan planet yang besar, sedangkan planet – planet berikutnya kecil. Hal ini dikarenakan kesembilan planet tersebut terbentuk karena pecahan gas dari matahari yang membentuk cerutu.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !